Selasa, 04 Juni 2013

Logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kepada Yth. Ketua Yayasan Dar el-Iman Sumatera Barat
di - Padang

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi dibukanya kesempatan untuk berpartisipasi membuat logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat, maka saya menyatakan diri untuk ikutserta dalam usaha yang mulia tersebut. Untuk itu, di halaman ini saya sertakan logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat yang telah saya buat dilengkapi dengan video penjelasannya. Alhamdulillah logo tersebut saya berikan secara cuma-cuma tanpa biaya apapun apabila Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat menggunakannya sebagai logo resmi.

Sebelumnya maaf sedalam-dalamnya apabila seandainya agak memakan waktu yang sedikit lama. Dari informasi yang saya peroleh, tidak tersedia pemberitahuan kapan terakhir batas waktu untuk mengirimkan karya logo ini. Dan saya juga belum menjumpai adanya launching logo tersebut. Sehingga, saya berasumsi bahwa saya masih berpeluang untuk berkontribusi dalam amal jariah dakwah yang mulia ini.

Riset Komprehensif Untuk Hasilkan Logo yang Sempurna

Untuk diketahui, sebab yang urgen sehingga membutuhkan waktu yang sedikit lama membuat logo ini adalah karena pendesain logo perlu untuk melakukan serangkaian riset atau penelitian terlebih dahulu. Riset ini sangat penting dan perlu dilakukan mengingat logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat yang akan dihasilkan nanti adalah merupakan logo sebuah lembaga resmi yang melekat padanya nama dan wibawa Sumatera Barat-Indonesia dan juga nama dan wibawa Yayasan Dar el-Iman. Sehingga, pendesain logo merasa bertanggungjawab menghasilkan karya yang istimewa dan spektakuler, dan sangat menghindari untuk membuat karya logo yang biasa-biasa saja, seperti logo event, logo lomba karya tulis, logo sekolah, logo rumah makan padang dan logo-logo biasa lainnya.

Riset yang cukup memakan waktu ini dilakukan di antaranya adalah riset mengenai logo-logo dan referensi terkait dari lembaga-lembaga pendidikan, lembaga sosial, foundation serta jamiah-jamiah (universitas-universitas) dari berbagai belahan dunia, seperti jamiah Islam Madinah, universitas King Saud dan lain-lain. Hal ini sangat penting dilakukan agar logo yang dihasilkan nanti berkualitas dunia dan bercitarasa internasional. Sehingga, logo Islamic Center Dar el-Iman dapat berdiri sejajar dengan logo-logo lembaga-lembaga pendidikan, sosial, foundation, dan jamiah-jamiah internasional tersebut. Hal ini mengingat logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat akan eksis secara global atau mendunia untuk jangka waktu yang lama.

Selain itu, waktu tersebut juga digunakan pendesain logo untuk melakukan telaah mengenai Sumatera Barat atau Minangkabau serta filosofi-filosofi adat yang terkandung di dalamnya. Hal ini dengan pertimbangan, bahwa logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat yang dihasilkan nanti akan menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Minangkabau dan warga Sumatera Barat secara luas. Sehingga, hati masyarakat Sumatera Barat akan cinta terhadap keberadaan Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat. Akibatnya, insyaAllah dakwah Islam yang dilakukan Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat akan mudah dan lancar keberlangsungannya di tengah-tengah masyarakat.

Material yang Legal

Ditambah lagi, untuk menghasilkan logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat ini, pendesain logo juga sangat memperhatikan sisi hukum dan legalitas yang berlaku, seperti hak cipta (copyright), lisensi (license), atribusi (attribution) dan lain-lain. Langkah ini sangat penting dalam membuat sebuah karya desain agar logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat yang dihasilkan tidak memuat clipart, potongan-potongan gambar, atau hasil karya orang lain yang merugikan dan mengambil kepunyaan orang lain tanpa hak, bahkan perbuatan seperti ini dikhawatirkan menimbulkan dosa hingga juga memungkinkan adanya akibat tuntutan hukum di pengadilan dikemudian hari.

Software dan Hardware Asli, Bukan Bajakan

Seperti halnya dalam menghasilkan logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat ini, pendesain logo tidak menggunakan hardware dan software bajakan. Alhamdulillah, hardware dan software yang digunakan adalah asli dan original.

Konfirmasi dan Legalitas Dari Pihak Terkait

Selain itu, perhatian terhadap sisi hukum dan legalitas juga diberikan untuk material yang digunakan. Seperti halnya untuk peta dunia (globe) pada logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera ini, pendesain logo telah menghubungi langsung pihak NASA (National Aeronautics and Space Administration) yang merupakan sebuah otoritas resmi untuk permasalahan bumi dan antariksa. Alhamdulillah, respon positif diberikan pihak NASA kepada pendesain logo. Sehingga, peta dunia (globe) berhasil pendesain logo tambahkan dengan cantik di logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat ini. Kiranya dengan terjadinya korespondesi dengan pihak NASA ini juga menjadi sebab lain yang menjadikan butuh waktu yang sedikit lama bagi pendesain logo untuk menghasilkan logo ini. Mengingat, kemungkinan sibuknya aktivitas NASA dan keluangan waktu mereka berinteraksi dengan koresponden-koresponden dari seluruh dunia. Terlebih lagi, waktu antara Indonesia dan Amerika Serikat lumayan lama. Wallahu a'lam.

Harapan yang Besar

Saya sangat mengharapkan apabila logo karya saya ini dapat menjadi logo kebanggaan Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat dan masyarakat Minangkabau serta Sumatera Barat umumnya.
InsyaAllah, apabila logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat ini terpilih menjadi logo resmi Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat, maka file-file terkait logo ini akan saya kirimkan kepada Bapak.

Demikian saja penjelasan saya. Terima kasih atas segala perhatiannya.

Hormat saya,



Adapun, keterangan logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat ini dapat disaksikan pada tayangan video berikut:


Untuk menonton video, silahkan klik tanda panah pada video di atas. Untuk memperbesar ukuran layar video,  klik bagian pojok paling kanan bawah video.



Keterangan tertulis tentang logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat ini


1. Bentuk dasar dari logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat ini adalah berupa sebuah kubah masjid

Bentuk dasar berupa kubah masjid yang dibentuk dari untaian pena dengan tanduk kerbau


Hal ini menjadi simbol bahwa Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat merupakan sebuah tempat keagamaan yang terintegritas. Bentuk ini mencoba memaknai nilai-nilai mulia dari sebuah masjid, yang digunakan untuk berkumpulnya umat Islam dalam melaksanakan shalat berjamaah yang mewujudkan persatuan. Dengan begitu, Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat ditujukan sebagai tempat persatuan dan berkumpulnya umat Islam, khususnya Sumatera Barat dan Indonesia umumnya. Yang mana di dalam satu area Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat terintegrasi berbagai kegiatan keagamaan dan pendidikan, baik berupa ibadah-ibadah rutin, pengajian ilmu pengetahuan Islam, pendidikan formal, maupun kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya.

Ditambah lagi, kubah masjid adalah sesuatu yang letaknya pada bagian atas dari sebuah bangunan masjid. Hal ini juga coba dimaknai bahwa Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat dengan izin Allah subhanahu wa ta'ala berusaha menjadi yang teratas dan terdepan dalam upaya pengembangan dan pembelajaran Islam di Sumatera Barat khususnya dan Indonesia umumnya.

Dalam perkembangan dan pemenuhan nilai estetika logonya, bentuk dasar dari logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat yang berupa kubah masjid ini akan tercipta dari rangkaian 1 untaian pena yang mata penanya mengarah ke bawah seperti halnya saat menulis. Dan satu lagi yaitu 1 bentuk tanduk kerbau atau kabau yang diidentik dengan Minangkabau. Rangkaian yang melekatkan antara tanduk kerbau dengan bentuk kubah masjid ini juga melambangkan ketentuan adat Minangkabau yang paling esensial yaitu "Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah". Yang mana, antara Minangkabau atau adat, dan Islam atau syarak adalah dua hal yang melekat tak terpisahkan.

Dengan pertimbangan-pertimbangan tersebutlah, maka bentuk dasar logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat ini bukan berupa lingkaran biasa saja, bukan berupa persegi empat biasa saja, bukan berupa tameng biasa saja, bukan berupa bunga lima kelopak biasa saja, bukan berupa persegi lima biasa saja, dan bukan pula berupa bintang delapan biasa saja.

Namun, dengan ciri khas unik dan istimewanya, logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat ini dibentuk dari bentuk dasar sebuah kubah masjid.


Bukan bentuk dasar yang pas untuk logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat ini


2. Bentuk sebuah tanduk kerbau

Tanduk kerbau menegaskan identitas Islamic Center Dar el-Iman sebagai dari bagian masyarakat Sumatera Barat dan Minangkabau


Bentuk ini merupakan simbol yang berasal dari Sumatera Barat yang dikenal juga dengan sebutan Minangkabau. Tanduk kerbau (atau kabau) merupakan satu hal yang identik dengan Sumatera Barat. Dengan begitu, Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat ditujukan sebagai pusat kegiatan keagamaan dan pendidikan yang berlokasi dan identik dengan Sumatera Barat dan Minangkabau. Islamic Center Dar el-Iman menjadi sentra pembentukan masyarakat Sumatera Barat yang mempelajari, memahami dan menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.


3. Bentuk sebuah untaian pena yang mata penanya mengarah ke bawah seperti halnya saat menulis

Untaian mata pena sebagai ciri khas nilai-nilai ilmiah yang kokoh


Bentuk ini merupakan simbol aktivitas pendidikan yang dilaksanakan di Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat.
Selain itu -bersama dengan bentuk buku yang lembarannya terbuka- bentuk untaian pena ini juga menjadi simbol bahwa berbagai kegiatan keagamaan dan pendidikan di Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat, semuanya penuh dengan nilai-nilai ilmiah dan pendasaran dalil-dalil dari Al-Qur'an dan Hadits yang kokoh dan jelas.


4. Bentuk sebuah buku yang lembarannya terbuka

Buku terbuka menjadi 2 sisi dengan 7 lembaran di masing-masing sisi


Lembaran buku terbuka  menjadi 2 sisi. Pada masing-masing sisi sengaja didesain secara tegas ada 7 lembaran. Bentuk yang digambarkan demikian, menjadi simbol bahwa kegiatan keagamaan dan pendidikan yang dilaksanakan Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat adalah mempelajari dan mendidik agama dari sisi Al-Qur'an dan juga dari sisi Hadits. Dimana Al-Qur'an dan Hadits merupakan pegangan pokok bagi setiap muslim dan muslimah. Yang mana 7 lembaran tersebut adalah simbol, bahwa pembelajaran dan pendidikan Al-Qur'an dan Hadits tersebut masing-masingnya dilakukan semarak dalam 7  hari penuh selama sepekannya. Atau singkatnya dapat dikatakan, bahwa di Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat tiada hari tanpa "hidup"nya Al-Qur'an dan Hadits.

Selain itu, seperti yang telah dijelaskan pada poin angka 3 di atas, bahwa -bersama dengan bentuk untaian pena yang mata penanya mengarah ke bawah- bentuk sebuah buku yang lembarannya terbuka ini juga menjadi simbol, bahwa berbagai kegiatan keagamaan dan pendidikan di Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat, semuanya penuh dengan nilai-nilai ilmiah dan pendasaran dalil-dalil dari Al-Qur'an dan Hadits yang kokoh dan jelas.


5. Bentuk dari sebuah bagian peta dunia atau globe dengan latarbelakang birunya laut yang luas

Bentuk bagian peta dunia (globe) menegaskan Islamic Center Dar el-Iman menjadi bagian motor penggerak dakwah Islam di dunia


Bentuk ini merupakan simbol bahwa Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat merupakan bagian dari umat Islam sedunia. Yang mana setiap muslim itu adalah seperti satu tubuh yang saling merasakan satu sama lainnya.
Bentuk ini juga menjadi simbol, bahwa setiap kegiatan keagamaan dan pendidikan Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat diharapkan memiliki peran penting dan memberikan sumbangsih yang berharga bagi perkembangan dan kemajuan Islam di dunia umumnya dan Indonesia khususnya. Baik berupa ibadah-ibadah rutin, pengajian ilmu pengetahuan Islam, pendidikan formal, maupun kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Islam adalah agama "rahmatan lil 'alamin".


6. Tulisan berbahasa Arab "المركز الإسلا مي بسومطرة غربية"

Tulisan Arab dengan keistimewaannya


Tulisan ini menjelaskan bahwa Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat merupakan pusat kegiatan Islami yang berlokasi di Sumatera Barat. Penggunaan bahasa Arab erat kaitannya dengan keistimewaan bahasa Arab itu sendiri. Karena, Al-Qur'an diturunkan dalam bahasa Arab. Begitupun, hadits Nabi Muhammad shallallahu 'alahi wa sallam sebagai penjelasan dari Al-Qur'an juga dalam bahasa Arab. Sehingga, setiap kegiatan keagamaan dan pendidikan di Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat erat kaitannya dengan Islam.


7. Pita banner bertuliskan "Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat"

Pita banner "Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat" melekat sebagai identitas kuat


Bentuk dan tulisan ini menegaskan entitas logo secara utuh dan keseluruhannya, bahwa logo ini adalah logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat.
Bentuk dan tulisan ini juga menegaskan, bahwa logo ini merupakan logo asli dan resmi yang digunakan oleh Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat. Sehingga, logo lain, baik yang memiliki kemiripan atau tidak, adalah bukan merupakan logo asli dan resmi yang digunakan oleh Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat.
Selain itu, bentuk dan tulisan ini juga menegaskan, bahwa logo ini merupakan hak milik Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat sepenuhnya. Sehingga, yang berhak menggunakan logo ini hanyalah pihak Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat. Adapun pihak manapun selain pihak Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat tidak berhak menggunakan dan mengklaim hal apapun atas logo ini untuk maksud dan tujuan apapun juga.


8. Penggunaan warna

Warna-warna yang telah dikenal dan menarik


Warna-warna pada logo ini adalah disesuaikan dengan warna-warna yang telah dikenal dan menjadi ciri khas logo Yayasan Dar el-Iman Sumatera Barat.

Demikianlah penjelasan keterangan logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat karya dari pendesain logo ini.
Besar harapannya, logo ini dapat menjadi logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat. Dan, menjadi bagian bermanfaat yang erat dan tak terpisahkan dari dakwah Islam  di Sumatera Barat, di Indonesia dan dunia umumnya.

Semoga logo ini dan segala hal yang terkait dengannya menjadi amal ibadah di sisi Allah subhanahu wa ta'ala. Yang menyebabkan pendesain logo dan kedua orangtuanya mendapat ganjaran pahala dan ampunan dosa dari Allah subhanahu wa ta'ala. Sehingga menjadi sebab yang mengantar mereka ke surga Allah dan selamat dari api neraka-Nya. Allahumma amin. Amin ya Allah.

Demikian saja penjelasan keterangan logo Islamic Center Dar el-Iman Sumatera Barat karya dari pendesain logo ini. Terima kasih atas segala perhatian Bapak, Ibu, dan saudara-saudari sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar